klik disini untuk meningkatkan rating blog/website/situs anda di pencarian google daftar sekarang juga setelah itu daftar juga disini:ASR Search Engine

Selasa, 16 Agustus 2011

Latihan Belajar Menggambar Manga Anime

Latihan/Belajar Menggambar Manga/Anime


 

 Hai.... anime freak!! kamu ingin belajar menggambar manga/anime?
sebenarnya menggambar anime memang butuh keahlian atau bakat, tetapi untuk kita yang tidak memiliki bakatpun dapat mempelajarinya, belajar yang rutin dan terus menerus saya yakin kalian akan bisa menggambar anime/manga.

Bagaimana cara menggambar karakter manga/anime?
Buat kamu yang ingin belajar menggambar anime/manga ikuti langkah berikut:
Langkah Pertama

Untuk memulainya tentu saja kita siapkan material / peralatan menggambarnya,
Untuk berlatih kita cukup menggunakan kertas gambar yang murah saja tentu saja untuk memperkecil pengeluaran kita, saya pikir penting untuk menunjukkan bahwa menggambar manga merupakan hobi yang murah.
Untuk pensil alat dasar menggambar kita bisa menggunakan pensil normal untuk menulis, pensil menggambar, dan pensil mekanis, semuanya baik untuk menggambar.
Beberapa jenis pensil yang bisa kita gunakan seperti berikut,
Jenis pensil dari terang ke gelap ----->

8H 7H 6H 5H 4H 3h 2H H HB B 2B 3B 4B 5B 6B 7b 8B
Dan tentu saja kita siapkan penghapus.
Apabila semua peralatan sudah kita siapkan mari kita mulai,

Kita mulai belajar Menggambar Kepala,
Beberapa trik untuk menggambar kepala anime: 
Menarik garis panduan untuk membantu menunjukkan tempat untuk mencari mata. Mata harus di tengah kepala.
 Bagian atas telinga harus sesuai dengan bagian atas mata. Sekali lagi, letak mata dan telinga harus benar-benar kita perkirakan dan besar kepala harus sesuai.
Menggambar Mata

Menggambar mata,untuk menggambarnya merupakan tantangan. Penting untuk menggambar mata dengan baik, karena besarnya dan mata yang indah yang paling membedakan bahwa ini gambar manga.
Langkah awal menggambar mata di mulai dari menggambar garis batas mata bagian atas, gambarkan bentuk alis dengan sedikit lengkungan.
    Kemudian gambarlah garis batas mata bagian bawah, dengan panjang garis lebih pendek dari garis mata bagian atas dan garis relatif lurus.
Gambarlah bulatan mata yang proposinal sesuai dengan bentuk mata. Untuk mata yang besar, bulatannya cenderung memanjang searah vertikal. 
  Gambarlah bulatan kecil di dalam bulatan mata untuk memberikan efek pantulan cahaya yang diterima oleh mata. Sehingga mata lebih terlihat hidup.
Lengkapi gambar dengan menambahkan bulu mata kemudian goreskan garis halus untuk kelopak mata dan berikan warna hitam pada bulatan mata. Tambahkan juga alis mata sesuai dengan bentuk matanya .

Semakin besar mata semakin detail pula yang harus mereka miliki.
Mata menunjukkan emosi. Emosi yang bisa senang, sedih, takut, jahat, gila, cinta, lelah, atau apapun.
Karakter yang senang atau bersalah memiliki banyak cahaya di mata mereka. Jahat dan marah memiliki karakter mata yang gelap.
     
Berikutnya Menggambar Rambut,
Sebelum menggambar rambut, perlu diperhatikan terlebih dahulu jenis rambut yang akan digambar. Misalnya jenis rambut lurus, keriting, bergelombang atau rambut acak.

    
   
Menggambar rambut Pria relatif lebih mudah dibandingkan menggambar rambut Wanita, hal ini disebabkan karena rambut pria tidak terlalu panjang, tapi biasanya di gambar manga pria ada juga yang rambutnya panjang.
                Rambut wanita biasanya unik- unik dan lebih menantang untuk digambar. Untuk memperindah penampilan biasanya ditambahkan kepang atau poni pada rambut yang bentuknya bermacam-macam. Inilah yang meniadi wanita lebih menarik untuk digambar karena rambutnya yang indah.
Disini digambarkan pula saat rambut terkena angin, pada posisi ini yang perlu diperhatikan arah rambut yang terkena angin harus searah pergerakan angin, hal ini dilakukan agar karakter rambut lebih alami untuk dilihat.


Angin yang datang dari arah depan menyebabkan rambut bergerak ke belakang, sehingga seluruh tampak depan wajah terlihat dengan sempurna.

Angin yang datang dari arah samping kiri akan membuat rambut bergerak ke samping kanan, sehingga sebagian rambut menutupi wajah.


Ekspresi Muka
Ekspresi sedih ditunjukan dengan pandangan mata yang kosong dan lemah .

Ditambah dengan mata berkaca-kaca seperti mau menangis.
Gambar mulut melengkung ke bawah.
Ekspresi marah ditunjukkan dengan mendekatkan kedua alis   Sorotan pandangan yang tajam dan dingin pada lawan bicaranya. Ditambah pula dengan kerutan di dahi yang menampakkan kemarahannya.  Berteriak merupakan salah satu bentuk marah yang paling gampang dipahami oleh orang.
Gambar ekspresi gembira ditunjukkan dengan menaikkan kedua alis.

Gambar mata yang besar dan berbinar-binar .
Gambar mulut seperti segitiga terbalik atau melengkung ke atas
Gambar di samping ini menunjukkan ekspresi terkejut , hal itu dapat diketahui dari bentuk bulatan mata yang mengecil dan digambarkan tidak ada efek cahaya dari bulatan mata.
Gambar di samping ini menunjukkan ekspresi wajah yang tenang, ramah atau bahagia. Hal ini dapat diketahui dari bentuk mulut yang digambarkan melengkung ke bawah dan pandangan mata yang digambarkan normal.

Menggambar Tangan
Untuk mempermudah kita dalam menggambar, bentuk tangan digambar dengan bentuk lingkaran dan bentuk oval sebagai dasarnya. Bentuk tangan yang digambar akan berubah, tergantung posisi dari mana kita melihat. Oleh karena itu akan lebih mudah untuk menggambarkan jari tangan menyerupai silinder pendek, dan gambarkan juga bentuk oval untuk lekukan-lekukan jari.

1. Bentuk dasar dari tangan.
Untuk menggambar tangan, bayangkan tangan kita sedang dibungkus, misalnya tangan kita dibungkus sarung tangan yang ketat. Kemudian gambar bentuk dasar yang dibentuk oleh tangan dan jari. Lanjutkan dengan menggambar garis–garis halus yang digunakan untuk menandakan posisi jari tangan.

2. Bentuk jari tangan
Perhatikan bentuk jari antara yang satu dengan yang lainnya, dan gambarlah jari dengan ukuran yang sesuai sehingga ukuran jari satu dengan yang lainnya terlihat lebih alami. Point ini merupakan yang paling penting untuk meneruskan ke langkah selanjutnya.

3. Memperjelas bentuk gambar
Gambarlah lipatan dari jari tangan, sehingga gambar jari satu dengan yang lainnya terlihat dengan sempurna. Kemudian hapus garis-garis bantu dan perjelas garis yang melukiskan ibu jari dan telapak tangan.

4. Berikan efek bayangan
Untuk memberikan kesan lebih nyata, berikan arsiran halus pada gambar. Dengan demikian bentuk dari lekukan jari dan telapak tangan akan terlihat lebih nyata.
Pada contoh kali ini digambarkan bentuk tangan yang terlihat hanya sebagian saja.
Untuk memudahkan kita, gambarlah jari telunjuk terlebih dahulu kemudian gambar jari yang lainnya mengikuti atau sejajar dengan jari telunjuk. Gambarlah sesuai dengan proposi nya dengan memberikan garis bantu.

Tips:

Cobalah menggambar dengan melihat tangan sendiri, amati tangan kita dengan menutup salah satu mata, hal ini bertujuan untuk memberikan fokus pada sudut pandang yang akan digambar.
Proporsi Tubuh
Sebuah metode sederhana namun efektif untuk menentukan benar proporsi tubuh dicapai dengan menempatkan sebuah segitiga terbalik dimana bagian segitiga menandakan bahu ke bawah selangkangan.
Atau kita bisa belajar dari beberapa sketsa proporsi tubuh dibawah ini,
Berikut contoh sketsa proporsi tubuh untuk pria:
  
Dan contoh sketsa proporsi tubuh untuk wanita:
 
Cukup sulit tapi memang menggambar manga perlu kerja keras serta terus dan terus belajar!
Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.
Selamat mencoba.

Oh ya kalau kalian mau gambar kalian penuh warna dan menarik seperti anime, kalian juga harus mempelajari pewarnaan dengan menggunakan software adobe photoshop dan sejenisnya.
 
 

 



48 komentar:

  1. ah numpang bisnis wkwkwk dengan nama dan email anda bisa dapatkan gaji tambahan setiap bulan,disinilah sebuah langkah awal menuju kesuksesan anda..BUKTIKAN SENDIRI ^^ >>> http://www.penasaran.net/?ref=xq5gvx bukan virus kok tenang aja ^^

    BalasHapus
  2. keren juga...
    thanks untuk infonya....

    BalasHapus
  3. nice info...makasih bgt yaaa....

    BalasHapus
  4. makasih wat inspirasinya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kagk makasih ya buat bantuannya.
      aku pkai artikelnya buat tugas blogku.
      tapi tetep aku kasih nama kakak kog
      mkasih banget y kagk.
      ^.^

      Hapus
    2. Makasih buat gogle yang udah ngasih tau langkah2 bikin gambar manga yang tentunya berguna buat semua. Thangs gogle :)

      Hapus
  5. kakak boleh di tambah gag gambarnya.
    biar bisa mudah liat langkahnya.
    tx.....

    BalasHapus
  6. pengen coba ahh..keren sih...^^

    BalasHapus
  7. keren tutorial-nya :)
    ajarin dunk
    www.ea-manga.blogspot.com

    BalasHapus
  8. wew,,
    sepertinya gue bakalan bisa gambar tangan nih..
    hhhhe
    thanx broo"

    BalasHapus
  9. nice info, visit back gan !! :D

    BalasHapus
  10. Berguna bgt buat aq yg suka nggmbar..
    thnks yakk.. \^.^/

    BalasHapus
  11. ikemennn
    hobiku gambar manga
    arigatou (>.<)

    BalasHapus
  12. woooow banget... aku jadi kepingin bisa deh!=D

    BalasHapus
  13. giiiiiii.... usaha belajar nihhhhhh
    hehehehehehehehehehehe........

    BalasHapus
  14. ajarin gambar backgroundnya jga dong, kan bnyak anime yg terkenal sama background yang bagus

    BalasHapus
  15. Wah, sangat membantu banget nih...
    hontou ni arigatou... :)

    BalasHapus
  16. waw,bagus banget nih,ajarin donk.Aku hobby manga loh...
    kak gambarnya boleh di tambahin enggak...? hehhhe

    BalasHapus
  17. postingannya keren...................

    BalasHapus
  18. waw... apakah semua ini anda yang menggambar?
    bagus sekali top menggambar dan pewarnaannya. kalau ada waktu luang mungkin anda bisa mengajari saya ^^"

    BalasHapus
  19. keren- keren gambar.y kapan aq bisa se profesional itu????????

    BalasHapus
  20. How I Can Follow your blog??
    Thanx ^ _ ^

    BalasHapus
  21. ada lagi gk contoh gambar ny???

    BalasHapus
  22. bagian tubuhnya susah banget yach

    BalasHapus
  23. saya adalah seoragn guru TK yang memang harus mempunyai kemampuan menggambar.blog anda sangat membantu saya. terima kasih. keep writing.

    BalasHapus
  24. wah... jadi tmbh semangat belajarnya.
    thanks ya...

    BalasHapus
  25. makasih ya untuk info nya...

    BalasHapus
  26. kaka mewarnai gambar" yang di posting itu dari software atau pensil warna ka

    BalasHapus
  27. wooow, ane butuh efek pencahayaan xD

    BalasHapus
  28. Wew ada Lelouch Vi Britannia :)
    kesukaan saya tuh code geass

    BalasHapus
  29. wahh ada anya juga tuhhh .. kesukaan saya dari film code geass

    BalasHapus
  30. wew infonya lengkap betul, dari dolo aku pengen bisa gambar manga hahahahah. akan ku coba latihan nya semoga berhasil XD

    BalasHapus
  31. keren lo

    kk tambahin donk langkah"nya biar bisa belajar lebih banyak :)

    BalasHapus
  32. keren bgt ni.
    tambahin gambarnya dunk biar mahir menggambar

    BalasHapus
  33. Thanks gan atas postinganya.
    Berguna bgt.

    BalasHapus
  34. wah keren tuh thanks ya gan

    BalasHapus
  35. makasih ya kakak :D
    bisa belajar neh sekarang

    BalasHapus
  36. .. wow,, keren. makasih infonya,, jadi semangat nggambar ilustrasi,, :)

    BalasHapus
  37. sebenarnya gw gak tw apa2 tentang menggambar apalagi menggambar anime manga, tp gw suka anime.
    Jd pengen belajar cara pembuatannya, makasih atas tipsnya tak coba dah :V

    BalasHapus

 

what do you think about my site?

© Copyright 2011. sennakawaii.blogspot.com . All rights reserved | sennakawaii.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MinamiSenna -